Uji Sertifikasi Kompetensi Asisten Keperawatan Tahun 2024

Subah, Kencana News – Senin 4 maret 2024 SMK Bhakti Kencana melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di Laboratorium Asisten keperawatan yang diikuti oleh 17 Siswi. Uji Sertifikasi Kompetensi ini merupakan penilaian terhadap pencapaian siswa terkait kualifikasi jenjang dua dan tiga pada KKNI yang dilaksanakan oleh SMK.

Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) adalah penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. USP dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil USP bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Mekanisme uji kompetensi pada SMK adalah melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP adalah lembaga independen yang dibentuk negara untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, BNSP memberikan lisensi kepada LSP untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi. Proses pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan melalui LSP merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian karena siswa-siswi yang lulus dari SMK perlu mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bentuk pengakuan atas kompetensi yang dimiliki agar dapat bersaing di dunia kerja.

Dalam hal ini, SMK Bhakti Kencana Subah memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi LSP Paski Health Care (PHC) untuk kompetensi Asisten Keperawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *