OSIS SMK Bhakti Kencana Subah Berbagi Takjil di Bulan yang penuh Berkah

Kencana News – Subah. Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Segala aktivitas yang bernilai ibadah akan mendapat pahala yang melimpah jika dilakukan di bulan Ramadhan. Maka sebaiknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan yang tidak datang dua kali ini.

“Barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari-Muslim)

Beramal baik di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan cara apa saja. Berbagi takjil kepada sesama orang berpuasa adalah salah satu caranya. Hanya dengan memberi satu porsi makanan kepada orang yang sedang berpuasa saja pasti sudah mendapat pahala yang berlipat ganda. Apalagi jika orang yang kita beri itu adalah orang yang belum punya makanan untuk berbuka puasa. Sungguh Allah SWT akan melipatgandakan pahala untuk setiap porsi yang kita bagikan.

Keutamaan berbagi berbagi takjil di bulan Ramadhan di antaranya :

  1. Mendapat pahala bersedekah
  2. Berbagi takjil kepada seseorang berarti juga memberi sesuatu kepada orang tersebut. Perilaku memberi itu dapat digolongkan sebagai sedekah. Jadi dengan kita berbagi takjil, kita akan mendapat pahala bersedekah juga.

    “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q. S. Al Hadid: 18)

    2. Mendapat pahala seperti orang yang berpuasa

    Selain mendapat pahala bersedekah, orang yang berbagi takjil kepada orang yang berpuasa akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa. Jadi dapat dikatakan bahwa kita akan mendapat double pahala. Kita yang berpuasa mendapat pahala karena menunaikan ibadah puasa, kita memberi takjil ke orang yang berpuasa juga akan mendapat pahala orang tersebut.

    “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (H.R. Tirmidzi)

    3. Memperoleh tiket surga

    Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan surga-Nya Allah. Terlebih lagi di bulan Ramadhan, kamu bisa melakukan berbagai amalan baik di bulan ini. Sahabat baik bisa menyebar kebaikan kepada orang-orang sekitar seperti saudara-saudara kita yang juga sedang berpuasa Ramadhan. Mulai dengan berbagi takjil, kamu bisa dengan mudah mendapat tiket menuju surga-Nya.

    “ Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “ Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (H.R. Tirmidzi)

    4. Memperoleh keberkahan harta

    Berbagi kebahagiaan kepada sesama merupakan wujud dari bersedekah. Berbagi takjil di bulan Ramadhan juga sebagai bentuk dari sedekah di jalan-Nya. Dengan harta yang kita miliki saat ini, hendaknya selalu disisihkan untuk bersedekah. Karena pada dasarnya harta kita bukan sepenuhnya kepunyaan kita pribadi.

    “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (H.R. Muslim)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *