PSAJ SMK Bhakti Kencana Subah Tahun 2023

Subah, Kencana News – Ujian Sekolah (US) kelas XII pada Tahun Pelajaran 2022/2023 ini bergati nama. Para siswa kelas XII tingkat SMA/SMK akan mengenal ujian paling pamungkas di satuan pendidikan menengah dengan istilah lain, yaitu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). 

PSAJ Teori menggunakan Google Form

Lalu, istilah baru ujian akhir di sekolah itu apakah akan merubah teknis soal, tahapan hingga sistemnya? 

 “US bagi kelas XII berganti nama menjadi PSAJ. Hal ini tidak merubah teknis, soal dan tahapan sebagaimana US sebelumnya, karena hanya berganti istilah saja. Sementara kurikulum yang digunakan, sistem dan teknisnya masih sama, sehingga tidak perlu ada yang di cemaskan dari pergantian istilah ini. Pada tahun ini kelas XII masih menerapkan Kurikulum 2013. Siswa mengikuti ujian berupa tes tertulis, penugasan, praktek dan tematik” kata Sirojunin Munir, M. Pd. Wakasek Kurikulum SMK Bhakti Kencana Subah.

Lanjut Sirojunin Munir, M. Pd., model soal PSAJ bisa berupa tes tertulis, penugasan, praktek dan tematik tergantung dari guru pengampu yang membuat soal.

PSAJ tertulis dimulai tanggal 3 sampai dengan 11 April 2023 dengan google form. Soal berbentuk tes tertulis meliputi mata pelajaran :

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Matematika
  6. Biologi
  7. Sejarah
  8. Kimia
  9. Bahasa Jawa
  10. Produktif (C2 dan C3)

Soal tes berupa penugasan yaitu Fisika dan Simulasi Digital. Untuk pendidikan Jasmani dan olah raga siswa melakukan praktek.

Meskipun belum resmi hanya menggunakan PSAJ tematik untuk tahun ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengarahkan sekolah juga melakukan PASJ tematik untuk persiapan tahun depan.

PSAJ Tematik di SMK Bhakti Kencana Subah dilaksanakan setelah selesai PSAJ Teori. Dimulai tanggal 12 sampai dengan 29  April 2023.

Kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas melaksanakan PSAJ dengan tema “Pembuatan Obat Tradisional”. Kegiatan ini bisa dilaksanakan di rumah siswa maupun di sekolah. Mata pelajaran yang ikut menilai meliputi PPKN, PAPB, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Seni Budaya, Biologi dan Produktif Farmasi. Sedangkan kelas XII Asisten Keperawatan akan melaksanakan PSAJ dengan tema “Penyuluhan Kesehatan” yang akan dilaksanakan di SMP/MTs sekitar Subah dan Banyuputih  dan dinilai pada mata pelajaran  PPKN, PAPB, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Seni Budaya, dan Produktif Keperawatan. (Str)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *