Haruskah Siswa Baru Mengikuti MPLS

Subah, KencanaNews – Senin 11 Juli 2023 Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada awal Tahun Pelajaran  2022/2023 dilaksanakan di Aula SMK Bhakti Kencana Subah dengan menyesuaikan kondisi pandemi dan mematuhi Protokol Kesehatan. MPLS diikuti oleh 43 siswa baru dari Program Studi Teknologi Farmasi dan Pelayanan Kesehatan. Kegiatan MPLS dapat diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan.

Tujuan MPLS 2022/2023 adalah mengenalkan budaya yang berkembang di sekolah, perkenalan sesama siswa, siswa dengan guru, dan dengan tenaga kependidikan lain. Selain itu, peserta didik baru juga dikenalkan dengan ekosistem dan sarana prasarana sekolah serta strategi sekolah dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini juga masih berkaitan dengan pembelajaran di masa pandemi.

Penyelenggaraan MPLS 2022/2023 dilakukan dengan pendekatan humanis, yaitu apresiasi atau penghargaan lebih diprioritaskan dari pada sanksi atau hukuman karena para pendidik perlu meningkatkan motivasi belajar anak di masa yang sulit. Dalam pelaksanaan MPLS 2022/2023 juga diberikan wawasan tentang profil pelajar pancasila, perubahan pola pikir, sikap, dan perilaku. Acara MPLS dapat diisi dengan cerita sukses atau keberhasilan dari sosok alumni atau sosok sukses dari kalangan industri (bagi sekolah kejuruan) yang dapat memberikan wawasan tentang industri atau keahlian tertentu. (Str)

Selain itu, MPLS masih perlu memberikan pemahaman tentang pola belajar masa pandemi Covid-19, baik daring maupun luring. Bahwa ada keunikan-keunikan yang harus disampaikan. Pada PTM terbatas, ada protokol kesehatan yang harus dikuti. Sementara itu, di PJJ perlu pendampingan orang dewasa dan sarana internet karena dalam MPLS 2022/2023 ini yang harus dibangun adalah komunikasi positif antara guru dan peserta didik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *