Mengkhidmatkan Bulan Suci Ramadhan dengan Ngaji Pasaran

Batang – Pondok Pesantren Al-Istiqomah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Ramadhan tahun 1443 ini kembali membuka pengajian kilat atau pasaran. Ngaji pasaran adalah pengajian yang dikhususkan pada bulan Ramadhan yang pembelajaraanya dengan metode bandongan saja. Pengajian dimulai 1 Ramadhan dan akan berakhir tanggal 20 Ramadhan. Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqomah, KH Ahmad Zaenuri, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh santri Salaf Pondok Pesantren Al-Istiqomah, MTs Al-Istiqomah dan SMK Bhakti kencana (Kelas Asrama)  melainkan masyarakat sekitar untuk mengambil berkah dalam mengisi bulan Ramadhan dengan mengaji di pesantren.

Kitab-kitab yang akan dikaji selama sebulan,  antaralain kitab Arbainul Fadhilah, Mawa’idhul Khusna, Yanabiul Hikmah wal Mauidhoh, Ahlusunah wal Jamaah, Mukhtarul Ahadist, Fathurrohman, Tafsir Muawidatain,  Uqudulijain, Mawaidurromadhon, Tafsir Fatihah dan Mizan Kubro. Adapun kegiatan pembelajaran formal santri MTs Al-Istiqomah dan SMK Bhakti Kencana Kelas Asrama tetap berjalan yang dimulai pukul 07.00 – 11.00 WIB.

NOWAKTUKITABPENGISI
1Bakda Subuh s.d SelesaiArbainul Fadhilah, Mawa’idhul Khusna, Yanabiul Hikmah wal MauidhohKH Ahmad Zaenuri
206.30 s.d 07.30Ahlusunah wal JamaahK Musion
307.30 s.d 08.30Mukhtarul AhadistK Abdl Latif
408.30 s.d 09.30FathurrohmanUst. Saiful Umam
510.00 s.d SelesaiTafsir MuawidatainKH Ahmad Arifin
613.00 s.d AsharUqudulijainK. Irfandi
7Ba’da Asar sd SelesaiMawaidurromadhonK Abdul Nashir
8Ba’da TarawihTafsir FatihahKH Ahmad Arifin
921.00 sd selesaiMizan KubroK Ahmad Solihin

Pasaran tahun ini ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi para santri, alumni, dan masyarakat umum yang hendak mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan untuk mencari ilmu agama dan ngalap barokah dari kiai atau pesantren. Jika tahun ini tidak memungkinkan, tentu saja bisa diagendakan pada tahun-tahun berikutnya.