Olahraga dan Minuman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

KencanaNews, Subah – Pola hidup sehat merupakan kunci untama untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat cukup dan juga rutin berolahraga. Banyak manfaat yang diperoleh tubuh apabila melakukan pola hidup sehat tersebut. Mulai dari menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan melindungi dari berbagai penyakit. 

Senam untuk meningkatkan imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan meningkat secara alami jika rutin berolahraga. Pergerakan yang terjadi pada tubuh mampu meningkatkan sirkulasi yang baik, kemudian memungkinkan sel dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak di dalam tubuh dengan bebas sehingga mampu melakukan tugasnya secara efisien.

Siswa sedang olahraga bola voly

Senam dengan berbagai kombinasi gerakan juga bisa jadi pilihan. Selain bisa menambah kebugaran serta meningkatkan energi tubuh. Tak hanya itu, gerakan senam yang energik diiringi lagu juga ampuh mengusir stres

Bahkan dengan aturan untuk tetap di rumah selama pandemi virus corona, otoritas kesehatan, seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO), masih mendorong semua orang untuk olahraga teratur. Selain meningkatkan kesehatan mental, tinjauan ilmiah 2019 di Journal of Sport and Health Science, menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Biasanya seseorang hanya memiliki sejumlah kecil sel kekebalan yang beredar di seluruh tubuh. Sel-sel itu lebih suka berkumpul di jaringan dan organ limfoid, seperti limfa, yaitu tempat tubuh membunuh virus, bakteri, dan mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit. Oleh karena olahraga meningkatkan aliran darah dan getah bening saat otot berkontraksi, olahraga juga kemudian akan meningkatkan sirkulasi sel kekebalan. Alhasil ini membuatnya menjelajah tubuh dengan kecepatan yang lebih tinggi dan jumlah yang lebih tinggi. 

Septi sedang minum jamu untuk meningkatkan imun tubuh

Selain itu, Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah minum jamu. Jamu sudah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selama pandemi Covid-19, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan semua masyarakat.  Selain menggunakan obat-obatan modern, Anda bisa mengonsumsi jamu atau ramuan tradisional khas Indonesia yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.  Jamu diracik menggunakan berbagai macam rempah khas Nusantara yang mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. (Str)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *