Budidaya Gaharu untuk Tanaman Herbal

Subah – Awal musim hujan adalah waktu yang baik untuk bercocok tanam. Pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2022 siswa kelas XI Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Bhakti Kencana Subah membudidayakan tanaman gaharu untuk bahan baku teh gaharu. Pohon gaharu merupakan pohon yang mahal sebagai bahan baku parfum, dupa, sabun dan lain-lain karena kayunya beraroma wangi. Di samping kayunya daun gaharu juga dapat diolah menjadi teh gaharu.

Sebagai institusi pendidikan yang berkecimpung dengan tanaman herbal siswa SMK mencoba membudidayakan pohon gaharu. Pada penanaman perdana ditanam 3 pohon di lahan sebelah timur SMK. Semoga pohon bisa tumbuh dengan subur. Pohon tersebut sebagai media belajar siswa dalam merawat pohon dan mengolah daunnya menjadi teh.

Pohon yang ditanam jenis gaharu Gyrinops versteegii. Jika pohon sudah besar dengan diameter minimal 4 cm bisa dilakukan penyuntikan serum agar pohon membentuk anti bodi sehingga kayunya beraroma wangi.   Manfaat daun gaharu sudah dipercaya mengatasi berbagai jenis penyakit dan meningkakan kesehatan tubuh sejak zaman dahulu. Gaharu merupakan tanaman yang sudah banyak digunakan sebagai obat herbal di China, Jepang dan Thailand. Daun gaharu mengandung senyawa baik yaitu senyawa Genkwanin glikosida. Senyawa tersebut  merupakan senyawa alami yang banyak dikenal memiliki banyak manfaat seperti mengurangi efek penuaan. Pada saat di perut, Genkwanin glikosida akan mengeluarkan senyawa Asetilkolin yang dapat melancarkan proses pencernaan serta gerakan usus yang lebih sehat dan mampu menyerap merkuri.