Ujian PKL Kompetensi Asisten Keperawatan SMK Bhakti Kencana Subah Tahun 2021

Siswa kelas XI Asisten Keperawatan sedang mempresentasikan laporan pada Ujian PKL

Subah, KencanaNews – Setelah siswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama satu bulan di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring dan Rumah Pelayanan Sosisal Lanjut Usia Weleri Kabupaten Kendal maka dilakukan Ujian PKL di Aula SMK Bhakti Kencana Subah. Ujian PKL ini dilaksanakan secara lisan dalam 1 ruangan, dengan 5 orang siswa dalam satu kelompok sebagai peserta ujian dan 2 orang guru sebagai penguji. Ujian semacam ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa kelas XI dan XII Asisten Keperawatan yang baru selesai PKL dan sebagai sarana latihan mereka untuk menghadapi ujian-ujian lisan berikutnya. Siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan laporan PKL secara bergantian selama 10 menit. Selanjutnya penguji akan memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa terkait laporan prakerinnya.

Ujian PKL siswa kelas XI dan XII Asisten Keperawatan diikuti oleh 28 siswa diuji oleh Bapak Wildan Munirul Faqih, S.Pd. dan ibu Oki Yanuarti, A.Md. Ujian dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Desember 2021. Menurut Ibu Oki Yanuarti, A.Md. Kep. bahwa ujian PKL ini  bertujuan untuk mempertahankan pendapat yang telah dituangkan pada Laporan PKL dan Asuhan Keperawatan juga menjelaskan apa yang telah dilaksanakan selama PKL. Asuhan Keperawatan yang dilakukan siswa meliputi hipertensi asam urat osartritis (sendi). Pada asuhan keperawatan siswa diminta bisa menemukan, mengkaji, merencanakan tindakan dan menemukan solusi pada suatu kasus.

Tim penguji dan siswa kelas XI Asisten Keperawatan setelah Ujian PKL

Karena merupakan pengalaman pertama, ekspresi siswa pun bermacam-macam. Ada yang sangat percaya diri, ada pula yang gugup dan grogi dalam menjawab pertanyaan. Menurut Nila Hana Sulistioningrum siswa kelas XI Asisten Keperawatan bahwa ujian PKL ini pengalaman yang baru dalam mengikuti ujian secara lisan. Dengan adanya ujian lisan saat ini menjadikan siswa sudah siap mental atau tidak kaget jika diuji lagi secara lisan. Namun secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI dan XII Asisten keperawatan yang telah melakukan PKL di DUDIKA banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Hal ini dapat dilihat dari sikap, pemikiran serta jawaban mereka saat ujian. (Str)