KEMBALINYA KPTA SETELAH PANDEMI

Kegiatan pramuka ini bukan hanya sekedar Persami, namun ini adalah Penerimaan Tamu Ambalan atau yang lebih dikenal dengan PTA. PTA sendiri adalah kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh siswa yang baru masuk di bangku SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai Penegak serta untuk mengembangkan siswa agar lebih mendalami tentang Pramuka.

Jum’at  23 Desember  2021, SMK BHAKTI KENCANA SUBAH melaksanakan kegiatan PTA yang di ikuti oleh seluruh siswa kelas X  Farmasi Klinis dan Komunitas, dan kelas X Asisten Keperawatan. Pukul 07.00 seluruh peserta PTA berkumpul di PP Al-Istiqomah  untuk melaksanakan upacara pembukaan. Upacara pun berjalan dengan lancar.

Setelah melaksanakan upacara, seluruh peserta di instruksikan untuk memasuki ruang kelas untuk menerima materi kepramukaan dari Pembina.Seluruh peserta PTA mendengarkan materi yang disampaikan oleh Pembina dengan baik.

Setelah Pembina selesai menyampaikan materi, waktu telah menunjukkan pukul 11.30,dan seluruh peserta di instruksikan untuk melakukan ISHOMA.

Setelah semua peserta PTA selesai makan siang, mereka di instruksikan bersiap-siap untuk mendengarkan materi lagi tentang bahanya narkoba dilingkungan pelajar. Kemudian dilanjutkan materi PPB yang diisi oleh kakak dewan Ambalan.  Setelah menunjukan waktu Ashar peserta PTA diarahkan oleh kakak dewan Ambalan untuk sholat berjamaan di masjid. Selesai kegiatan berjamaan perserta Pta mendapatkan materi tentang kepemimpinan yang di sampaikan oleh pembina. Ketika waktu menjelang senja dilakukan Apel sore dilanjutkan ISOMA. Setelah sholat Isha berjamaan para peserta PTA melakukan tadarus Al’Quran bersama-sama. Ketika waktu menunjukan pukul 21.00 WIB kakak dewan Ambalan melakukan pengulangan materi kepada peserta PTA. Pukul 22.00 WIB peserta PTA diwajibkan untuk tidur dan beristirahat.

Ketika menunjukkan pukul 04.00,seluruh peserta di bangunkan oleh kakak Dewan AMBALAN untuk melaksanakan sholat shubuh. Setelah sholat shubuh seluruh peserta di instruksikan untuk bersiap siap melaksanakan senam pagi.

Ketika menunjukkan pukul 07.00 peserta di instruksikan untuk bersiap melakukan lintas medan. Lintas medan sendiri dieri permainan di sejumlah pos. Masing-masing sangga diwajibkan menyanyikan yel-yel mereka saat berjalan melalui jalur lintas medan.

Seluruh peserta mengikuti lintas medan dengan penuh keceriaan. Di setiap perjalanan, seluruh peserta menyanyikan yel yel sangga mereka dengan bersemangat.Setelah seluruh peserta melaksanakan lintas medan, ketika itu menunjukkan pukul 11.00 dan merekapun kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Setelah selesai ISOMA pukul 13.00 Wib dilanjutkan game. Banyak sekali permainan yang telah disiapkan oleh kakak Dewan AMBALAN. Para peserta mengikuti permainan tersebut dengan rasa senang dan penuh canda tawa. Karena permainannyanya yang sangat asik. Selain melatih kekompakan, permainan ini juga melatih kreatifitas.

Sangat asiknya bermain, tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 16.30.Kemudian kakak Dewan AMBALAN menginstruksikan untuk segera ISHOMA dan menyiapkan penampilan ketika malam pentas seni di malam hari. Ketika waktu menunjukkan pukul 19.00, seluruh peserta di instruksikan untuk berkumpul di lapangan untuk melaksanakan Api Unggun. Kegiatan ini adalah hal yang paling dinanti nanti ketika kegiatan PTA.

Setelah upacara api unggun selseai. Seluruh peserta mengeluarkan semua kreativitasnya, mulai dari tari, menyanyi dan masih banyak lagi. Pentas seni pun berjalan dengan menyenangkan dan lancar. Setelah pentas seni selesai,kegiatan selanjutnya adalah renungan malam dimana semua lampu dimatikan dan hanya ada lilin sebagai penerangan serta semua mata siswa di tutup dengan kain. Di tempat yang telah dirahasiakan malam itu, kakak Dewan AMBALAN berorientasi dengan kalimat yang sangat menyentuh hati sehingga semua peserta terasa tersentuh dan menangis dengan lagu dan perkataan kakak Dewan AMBALAN.

Setelah renungan malam selesai, seluruh peserta di instruksikan untuk segera tidur untuk menyimpan energinya untuk kegiatan besok.Dan akhirnya malam terakhir PTA berjalan dengan lancar.

Setelah menunjukkan pukul 10.30 diadakanlah upacara penutupan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan. Selesainya upaca penutupan PTA diadakan siram air bunga ke peserta PTA sebagai tanda sahnya telah menjadi anggota Ambalan pramuka SMK Bhakti Kencana Subah Ambalan Dr. Cipto Mangukusumo-Rufaidah Assa’ad.

Kegiatan PTA yang berlangsung pada tanggal 23-25 Desember 2021 yang dinyatakan telah selesai dan berjalan dengan lancar. (Dyt)