Siswi Kelas X SMK Bhakti Kencana Subah Ikuti Skrining Hb Cegah Anemia

Subah, KencanaNews – Jum’at 20 Januari 2023 Siswi kelas X SMK Bhakti Kencana Subah mengikuti Skrining Hb yang dilaksanakan oleh Puskesmas Subah Kabupaten Batang.

Kegiatan digelar di wilayah kerja puskesmas di Kecamatan Subah dilaksanakan untuk mengetahui Kadar Hb yang ada dalam tubuh para siswi tersebut, terkategori bagus atau kurang bagus atau Anemia.

Kepala Puskesmas Subah,  kemarin  mengutarakan Anemia masih menjadi masalah gangguan kesehatan yang berdampak panjang bagi remaja putri. Ganguan itu sendiri bisa menimpa dirinya maupun bayinya pada kandungannya nanti di saat hamil.

Sebab itu, sejak dini diperlu dilakukan skrining dini Hb. Dijelaskan program Skrining Hb bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin Kadar Anemia yang dikandung siswi yang ada di wilayah ini.

“Apabila ditemukan siswi yang Anemia, maka akan dilakukan pemberian tablet tambah darah (TTD),” katanya. Lalu siswi itupun diberikan konseling tentang pola makan dan pola istirahat oleh Petugas Gizi dan Promkes Puskesmas Subah. Lebih lanjut disampaikan, “dalam melakukan Skrining Hb, kami menggunakan alat pemeriksaan Hb Meter dan Strip Hb (1)  atau Hemoglobin Testing System dari Kemeterian Kesehatan RI,” pungkas bu Luluk. (Str)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *